Kewajiban Seorang Guru

Pertanyaan:
Apa kewajiban guru terhadap murid yang diajarinya? Kami mohon pengarahan bagi mereka, karena ada diantara mereka yang sekedar menargetkan habisnya kurikulum saja.

Jawaban:

Kewajiban guru adalah melaksanakan amanat sehubungan dengan pengajaran ilmu, yang mana dalam hal ini harus dengan niat mengharap pahala (melihat) wajah Allah Ta’ala, berbuat baik kepada murid-murid, berusaha sekuat kemampuan dalam menyampaikan ilmu kepada para pelajar dengan berbagai cara, juga berusaha mengarahkan mereka untuk belajar sendiri sehingga memiliki kemampuan yang membantu mereka mengambil kesimpulan hukum-hukum dari dalil-dalil yang ada serta memilih yang yang benar di antara itu.

Adapun sekedar menghabiskan kurikulum tanpa menanamkanya di benak para siswa, walaupun sebagaian guru terpaksa mengejar target ini karena aturan telah menetapkan demikian , maka menurut saya para siswa memahami dan menguasai ilmu di benaknya adalah lebih baik dari pada sekedar menghabiskan kurikulum.

Kendati demikian, jika guru memandang bahwa kurikulum terlalu banyak dan tidak mungkin dihabiskan dalam masa belajar yang telah ditentukan, lebih-lebih lagi jika lebih banyak hari liburnya, maka hendaklah mereka mengangkat masalah ini kepada pihak yang berwenang yang menangani masalah pengajaran ini. Saya optimis bahwa pihak yang berwenang hanya menginginkan kebaikan, insya Allah, dan tentu akan meninjau ulang dengan seksama permasalahan yang mengganggu perhatian mayoritas ini.

Kitab Ad-Da’wah (5), Syaikh Ibnu Utsaimin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Konsultasi
Assalamualaikum, Ada yang bisa kami bantu?