Larangan Khulwah

Ketika Islam tidak mengizinkan seorang perempuan melakukan khulwah (bersepi-sepian, berdua-duaan) dengan lawan jenis yang bukan mahram sesungguhnya dimaksudkan untuk menghidarkannya dari daerah-daerah syubhat dan hal-hal yang meragukan serta melindunginya dari mulut dan orang-orang yang suka ngobrol, agar ia tetap bagaikan permata yang berkilau cerah tidak dinodai oleh tangan-tangan jahil dan tidak diganggu oleh orang-orang yang berjiwa jahat. Maka dari itulah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلاَّ كَانَ الشَّيْطَانُ ثَالِيْثَهُمَا.

“Tidak ada seorang lelaki yang bersepi-sepian dengan seorang wanita melainkan setan adalah yang ketiganya”.

Hadits ini sangat tegas melarang laki-laki khulwah (berdua-duaan) dengan seorang perempuan yang bukan mahramnya, karena hal itu dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Berdasarkan hadis di atas itu pula khulwah yang dilakukan oleh guru laki-laki, tukang jahit, pemotong rambut dan lain-lainnya dengan seorang gadis di suatu tempat yang menyendiri sampai sekali pun itu di rumahnya sendiri adalah perbuatan yang tidak boleh.

Hal yang serupa adalah bercampur-baurnya (ikhtilath) siswa dan siswi pada berbagai tingkatan sekolah, terutama pada tingkat SLTP, SLTA dan perguruan tinggi. Ungkapan yang mengatakan “Sesungguhnya berbaurnya (ikhtilath) dua lawan jenis itu dapat mematahkan daya tarik (gharizah) dan melunakkannya” adalah ungkapan yang tidak didukung oleh realitas, sebab ikhtilath (campur-baur antara lawan jenis) itu tidak akan lepas dari dua hal berikut ini:

Melemah atau berkurangnya naluri seks di antara dua lawan jenis

Daya tarik makin membara dan birahi makin bergelora.

Dari itu kami katakan: Sesungguhnya Islam benar-benar sangat bijaksana ketika tidak memperbolehkan perempuan ber-ikhtilat dengan lelaki yang bukan mahramnya.

Maka jagalah anak-anak perempuan kita, adik perempuan kita, kakak perempuan kita ajarkan mereka tentang hal ini, sungguh telah terjadi banyak kerusakan dimulai dari hal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Konsultasi
Assalamualaikum, Ada yang bisa kami bantu?