Cara mendekatkan diri pada Allah

Barangkali kita sering bertanya-tanya. Bagaimana yah supaya kita bisa dekat dengan Tuhan kita?

Tuhan Yang Maha Kasih menjawab,

وَاسۡجُدۡ وَاقۡتَرِبْ

“Bersujudlah kamu dan mendekatlah!” (Al ‘Alaq : 19)

Dan Utusan Tuhan, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jarak paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannya adalah saat ia bersujud, maka saat itu perbanyaklah berdo’a.” (HR. Muslim)

Maka mestilah bagi kita yang merindukan kedekatan dengan Tuhan Sang Pencipta Langit dan Bumi, supaya memperbanyak sujud bersungkur diri di hadapan-Nya.

Artinya, kita harus menekuni ibadah sholat; wajibnya dan sunnahnya. Karena di dalam sholatlah, sujud dilakukan berulang-ulang.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Amalan pertama yang dihisab dari seorang hamba adalah sholat. Allah bertanya kepada para malaikat-Nya, ‘hai para malaikat, lihatlah hamba-Ku ini, apakah dia mengerjakan sholat wajibnya secara sempurna atau ada kekurangan. Jika sempurna, maka sempurnakanlah pahala baginya, jika ada kekurangan, maka lihatlah apakah dia mengerjakan sholat-sholat sunnah, jika iya, maka satukanlah pahala sholat-sholat sunnah tersebut untuk menyempurnakan kekurangan sholat wajibnya. Lalu hisablah amalan-amalannya yang lain berdasar dengan kadar sholatnya.” (HR. Abu Daud)

“Ketahuilah! Sesungguhnya sebaik-baik amalan yang kalian kerjakan adalah SHOLAT.” (HR. Muslim)

Oleh karena sedemikian pentingnya perkara sholat, sampai-sampai Nabi Ibrahim ‘alaihis salam berdo’a kepada Allah subhanahu wa ta’a supaya beliau dan anak-cucu keturunan beliau dijadikan sebagai hamba-hamba yang sentiasa melaksanakan sholat.

“Wahai Rabbi, jadikanlah aku sebagai orang yang melaksanakan sholat dan juga anak-cucu keturunankku. Wahai Rabb kami, terimalah do’a kami.” (Ibrahim : 40)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Konsultasi
Assalamualaikum, Ada yang bisa kami bantu?